Ebook Teknisi

Membangun Aplikasi Multi-Platform dengan Xamarin

Membangun Aplikasi Multi-Platform dengan Xamarin - Mungkin untuk saat ini kalau saya ingin membuat sebuah aplikasi, saya akan menggunakan Android Studio. Namun terdapat sebuah kekurangan jika kita menggunakan Android Studio, yaitu kita hanya bisa membuat aplikasi hanya untuk pengguna smartphone android tidak bisa untuk pengguna IOS. Apalagi sekarang pengguna Apple (IOS) juga tidak sedikit.

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi hybrid atau aplikasi yang langsung bisa digunakan oleh pengguna android dan IOS sekaligus. Contohnya yang akan kita bahas sekarang adalah Xamarin.

xamarin multiplatform app

Xamarin adalah sebuah software development tool yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi berbasis android, ios, dan windows phone.

Kalau pada Android Studio kita menggunakan bahasa pemograman Java untuk membangun aplikasi, sedangkan untuk Xamarin, kita menggunakan bahasa pemograman C#.

Nah, pada saat saya mencoba menggunakan Xamarin ini, awalnya saya sedikit bingung, karena saya diharuskan untuk pindah bahasa pemograman, dari Java ke C#. Tapi saat itu saya langsung mencari-cari tutorial sana-sini yang mudah untuk dimengerti dan saya menemukannya. Saya menemukan situs Dicoding Indonesia dimana saya bisa belajar bagaimana caranya menggunakan xamarin untuk membuat aplikasi multi-platform.

Jika kalian tertarik untuk belajar Xamarin di Dicoding Indonesia ini, klik link berikut: Belajar Membangun Aplikasi Multi-platform.

dicoding indonesia

Meskipun harus membayar untuk mempelajari semua modul nya, tetapi saya sudah tercerahkan dengan modul-modul gratis (modul 1 sampai modul 3) yang diberikan. Sisanya saya harus belajar sendiri (otodidak). Hal-hal yang sudah saya pelajari tentang menggunakan xamarin untuk membangung aplikasi multi-platform adalah sebagai berikut:
1. Pada modul pertama kalian akan diajak berkenalan dengan Xamarin. Lalu akan dilanjutkan bagaimana cara meng-install Xamarin di Visual Studio (gunakan Software Visual Studio Community 2017) dan membuat new project. Setelah itu kalian akan diberitahu bagaimana langkah-langkah untuk menjalankan aplikasi android di android emulator, aplikasi ios pada ios simulator, dan aplikasi windows phone.

2. Lanjut ke modul 2. Di modul 2 ini, kalian bakal dijelasin proses-proses yang bekerja di Xamarin. Di xamarin ada 3 proses utama yang akan terus di proses selama aplikasi tersebut berjalan, yaitu OnStart, OnSleep, dan OnResume. 3 proses utama tersebut (atau Life Cycle) juga terdapat pada Android Studio (Java). Bedanya hanya pada OnCreate().

Jadi kalau OnStart adalah method yang pertama kali dipanggil ketika aplikasi pertama kali dijalankan. OnSleep adalah method yang akan dipanggil ketika user berpindah-pindah activity pada aplikasi tersebut. Activity yang sebelumnya aktif akan menjadi backgorund. Setelah itu disini OnResume bekerja, adalah method yang akan melanjutkan activity yang tadi background menjadi foregorund (atau aktif kembali).

Lanjut dari situ, kalian akan dikenalkan dengan komponen-komponen User Interface (UI) yang ada di Xamarin. Ada tiga komponen utama, yaitu Page, Views, dan Layout.

3. Dan modul yang terakhir, modul 3. Pada modul ini kalian akan diajarkan kontrol-kontrol pada ListView, mulai dari membuat listnya, memilih item list, sampai menampilkan item list tersebut.

Dari 3 modul diatas kalian sudah mendapat pelajaran mendasar tentang Xamarin, jadi bagi kalian yang serius untuk mendalami Xamarin, silahkan bayar dulu :D.

Dan juga saya diberikan sebuah link video tutorial menggunakan azure sebagai database oleh pihak MSP (Microsoft Student Partner). Pada video tersebut saya menyimpulkan bahwa mengkoneksikan database di xamarin lebih mudah dilakukan daripada di Android Studio (menurut saya). Dan sistem set & get nya pun lebih sederhana. Mungkin karena kita memakai bahasa pemrograman C#. Penasaran dengan video tutorial singkatnya? Langsung check it out dibawah:


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda!
Judul: Membangun Aplikasi Multi-Platform dengan Xamarin
Ditulis Oleh: Harrys
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Membangun Aplikasi Multi-Platform dengan Xamarin ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya.

Berkomentarlah yang baik! Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment